Recent Posts

Sabtu, 17 Oktober 2015

3 Mitos Alat Kontrasepsi yang Masih Salah Kaprah di Masyarakat

Mitos Seputar Alat Kontrasepsi yang Salah Kaprah

       Tahukah anda, bahwa sekarang ini banyak orang yang salah pemahaman tentang alat kontrasepsi, sehingga dapat menjadikan mitos tersendiri yang belum tentu kebenarannya? Baiklah, kali ini saya akan membagikan sedikit informasi mengenai Mitos Alat Kontrasepsi yang Salah Kaprah. Mari kita simak informasinya berikut.


            Alat kontrasepsi adalah alat yang digunakan menghindari atau mencegah terjadinya kehamilan sebagai akibat pertemuan antara sel telur yang matang dengan sel sperma tersebut (Depkes RI, 1998). Mitos seputar tentang alat kontrasepsi sering diperbincangkan dan membingungkan setiap pasangan sehingga menjadi salah pemahaman. Alat kontrasepsi berfungsi untuk mencegah atau menunda kehamilan, sehingga banyak pasangan yang tidak ingin memiliki anak untuk menggunakan alat tersebut. Penundaan atau pencegahan kehamilan tentu dilakukan dengan berbagai cara oleh banyak pasangan. Akan tetapi, sayangnya ada banyak mitos mengenai alat kontrasepsi yang tidak diketahui kebenarannya oleh pasangan. Berikut adalah beberapa ulasannya.
      1.      Jus Lemon
Jus lemon merupakan salah satu mitos seputar alat kontrasepsi yang sampai sekarang masih dipercaya oleh banyak kalangan. Dari dulu, para wanita percaya bahwa kandungan asam yang terkandung dalam jus lemon dapat mencegah kehamilan. Padahal, kebenarannya mengkonsumsi jus lemon secara berlebihan justru akan membahayakan vagina.
     2.      Mengkonsumsi Pil KB
Mitos tentang alat kontrasepsi lainnya adalah tentang moengkonsumsi pil KB setelah berhubungan seks bisa mencegah kehamilan. Banyak orang yang mempercayai mitos tersebut, sehingga mereka mengkonsumsi pil KB setelah melakukan hubungan seks saja dan tidak berkelanjutan. Nyatanya? Justru banyak yang hamil. Kebenarannya, mengkonsumsi pil KB harus secara rutin dan teratur sesuai dengan dosis yang sudah diberikan dokter. Dengan begitu, alat kontrasepsi akan bekerja secara maksimal untuk mencegah kehamilan.
     3.      Minuman Bersoda
Minuman bersoda juga salah satu mitos seputar alat kontrasepsi yang konon bisa bekerja membunuh sperma. Sehingga, mitos ini membuat banyak pasangan meminum minuman bersoda sebelum dan sesudah melakukan hubungan seksual. Padahal, faktanya sebuah penilitan membuktikan bahwa minuman bersoda tidak efektif untuk membunuh sperma. Melainkan, mengkonsumsi minuman bersoda berlebihan dapat membahayakan kesehatan wanita, yaitu membahayakan jaringan vagina.

Nah, itulah beberapa mitos seputar alat kontrasepsi yang salah pemahaman oleh banyak pasangan. Maka dari itu, gunakan alat kontrasepsi dengan cara yang benar untuk mencegah kehamilan dan bukan dengan mempercayai mitos seputar alat kontrasepsi. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Referensi:
Istantri. (2013). Mitos Alat Kontrasepsi yang Salah Pemahaman. Diakses pada tanggal 18 Oktober 2015 dari http://artikeltentangkesehatan.com/


0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com