Recent Posts

Kamis, 29 Oktober 2015

Mindful Eating (Makan Secara Sadar), Cara Makan yang Sehat

Mindful Eating, Cara Makan yang Sehat

You Are What You Eat. Begitulah pepatah mengatakan bahwa gambaran dirimu adalah gambaran apa yang kamu makan. Kini, angka kejadian obesitas semakin tinggi khususnya dikalangan pemuda. Menurut Stern & Kazaks (2009) dalam Jordan et al (2014), berat badan berlebih dan obesitas terjadi karena beberapa penyebab, diantaranya adalah kurang melakukan aktivitas fisik, konsumsi kalori berlebih, dan genetik. Berdasarkan hasil riset di Amerika Serikat, faktor yang dapat dikontrol untuk mencegah obesitas adalah perilaku konsumsi kalori. Dunia riset telah menemukan cara efektif untuk mengatasi perilaku konsumsi kalori berlebih dengan mindful eating.


Pernahkah kamu makan sambil membaca atau melakukan aktivitas lain? Makan sambil melakukan aktivitas lain sangat berlawanan dengan prinsip mindful eating. Mindful eating menggunakan prinsip mindfulness atau kesadaran penuh. Secara harfiah, mindfulness adalah hadir secara sadar mental, emosional, dan fisik dalam melakukan suatu aktivitas. Mindful eating atau dikenal dengan makan secara sadar adalah kegiatan makan dengan fokus dan menikmati serta merasakan setiap gigitan makanan dengan kehadiran mental, emosional, dan fisik secara penuh. Mindful eating mengajarkan untuk sadar terhadap respon lapar dan kenyang sehingga dapat membantu untuk menentukan kapan memulai dan berhenti makan (The Center for Mindful Eating, 2004).
            Seseorang yang melakukan aktivitas makan dengan fokus dapat menerima bahwa pengalaman makan itu unik. Selain itu, mindful eating memberikan pemahaman bahwa tidak ada yang salah pada cara makan setiap orang, hanya saja ada perbedaan tingkat kesadaran dalam menikmati makanan. Dalam pencegahan kelebihan kalori, mindful eating membuat sadar akan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh dengan sesuai (The Center for Mindful Eating, 2004).
            Susan Albers, seorang ahli psikologi memberikan tujuh cara untuk membangun kebiasaan mindful eating (National Eating Disoders Association, 2004). Pertama, makan makanan yang beragam. Kedua, fokus pada saat makan dengan menikmati aroma, rasa, dan bentuk makanan dari awal hingga selesai makan. Ketiga, sisihkan waktu untuk memberikan fokus perhatian saat makan. Keempat, kenali rasa lapar dan makan ketika tidak kenyang dan juga tidak terlalu lapar. Kelima, berpikir positif ketika makan karena dapat memengaruhi emosi. Keenam, berucaplah kata-kata positif ketika berbincang-bincang saat makan. Terakhir, bangun lingkungan untuk mendukung kebiasaan mindful eating dengan teman-teman dan keluarga.
       Kebiasaan makan sambil melakukan aktivitas seperti menonton tv, membaca, bermain handphone sangat melekat pada masyarakat khususnya pemuda. Menurut berbagai riset yang dilakukan, kebiasaan tersebut dapat mengakibatkan konsumsi kalori berlebih sehingga berdampak pada risiko obesitas. Hal ini menjadi penting untuk memulai kebiasaan mindful eating karena makan dengan cara sehat tidak hanya memperhatikan jenis makanan apa yang kamu makan, tetapi juga bagaimana cara kamu makan. “You Are What You Eat and How You Eat!”.

Referensi :
Jordan, Christian H., Wang, Wan., Donatoni, Linda., Meier, Brian P. (2014). Mindful eating: Trait and State Mindfulness Predict Healthier Eating Behaviour. Personality and Individual Differences, 68, 107-111
Albers, Susan. (2004). 7 Mindful Eating Tips. National Eating Disorders Association. Available from http://www.uhs.berkeley.edu/eda/7Mindful.pdf diakses pada 28 Oktober 2015
The Center for Mindful Eating. (2004). The Principles of Mindful Eating. Available from https://uhs.berkeley.edu/whatseatingyou/pdf/priciplesmindfuleating.pdf diakses pada 29 Oktober 2015


0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com