Recent Posts

Selasa, 22 Desember 2015

Inilah Penyebab Kerusakan Ekosistem Laut yang Paling Parah

Inilah Penyebab Kerusakan Ekosistem Laut yang Paling Parah

          Selamat malam teman-teman semua. Kali ini Pondok Artikel Populer akan sedikit memberikan informasi mengenai penyebab yang paling dominan menyebabkan kerusakan ekosistem laut terutama terumbu karang. Tahukah anda apa penyebabnya? Mari kita simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak pihak menggunakan cara pintas untuk mendapatkan  keuntungan tanpa memikirkan efek negatifnya. Salah satunya adalah penggunaan bahan peledak untuk menangkap ikan di laut. Kegiatan penangkapan ikan dengan menggunakan bahan peledak merupakan cara yang sering digunakan oleh nelayan tradisional di dalam memanfaatkan sumberdaya perikanan khususnya di dalam melakukan penangkapan ikan-ikan karang. Penangkapan ikan-ikan karang dengan menggunakan bahan peledak dapat memberikan akibat yang kurang baik, baik bagi ikan-ikan yang akan ditangkap maupun untuk terumbu karang yang terdapat pada lokasi penangkapan. Penggunaan bahan peledak dalam penangkapan ikan di sekitar daerah terumbu karang menimbulkan efek samping yang sangat besar. Selain rusaknya terumbu karang yang ada di sekitar lokasi peledakan, juga dapat menyebabkan kematian biota lain yang bukan merupakan sasaran penangkapan. Oleh sebab itu, penggunaan bahan peledak berpotensi menimbulkan kerusakan yang luas terhadap ekosistem terumbu karang.
Selain itu, kegiatan lainnya yang marak dilakukan oleh nelayan adalah dengan menggunakan obat bius atau bahan beracun. Bahan beracun yang umum dipergunakan dalam penangkapan ikan dengan pembiusan seperti sodium atau potassium sianida. Seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen terhadap ikan hias dan hidup, memicu nelayan untuk melakukan kegiatan penangkapan yang merusak dengan menggunakan racun sianida. Kegiatan ini umum dilakukan oleh nelayan untuk memperoleh ikan hidup.
Hasil yang diperoleh dengan cara ini memang merupakan ikan yang masih hidup, tetapi penggunaannya pada daerah karang memberikan dampak yang sangat besar bagi terumbu karang. Selain itu penangkapan dengan cara ini dapat menyebabkan kepunahan jenis-jenis ikan karang tertentu. Racun tersebut dapat menyebabkan ikan besar dan kecil menjadi mabuk dan mati.
Nah, itulah penyebab dari kerusakan biota laut yang disebabkan oleh ulah manusia sendiri. Oleh karena itu, semoga artikel diatas dapat memberikan kesadaran bagi kita semua tentang pentingnya menjaga ekosistem laut.


0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com