Recent Posts

Minggu, 18 Oktober 2015

Bahaya Varises Dapat Mengancam Jiwa

Bahaya Varises Dapat Mengancam Jiwa

Varises adalah sebuah penyakit yang diakibatkan lemahnya katup vena untuk menutup, sehingga darah yang menuju ke jantung kembali lagi ke tempat yang tidak dikehendaki. Kenapa bisa seperti itu? Itu diakibatkan karena terjadinya pelebaran di area pembuluh darah yang menuju jantung atau kita sebut dengan vena. Sebenarnya setiap pembuluh darah bisa mengalami pelebaran, tetapi lebih sering terjadi di bagian kaki karena bagian kaki adalah yang sering mendapat beban ketika kita berdiri maupun berjalan.

Sebenarnya ada beberapa penyebab varises diantaranya pola hidup dan biologis. Diawali dari pola hidup kita yang buruk sebenarnya yang paling berpengaruh terhadap terbentuknya varises. Tetapi terkadang kita tidak menyadarinya karena memang gejalanya tidak terlalu terlihat. Terkadang kita hanya menganggap gejala ringan varises sebagai hal tidak penting. Contohnya pola hidup yang menyebabkan varises adalah tidak menjaga berat badan, sering merokok, sering menumpangkan kaki, memakai highheels, dan kurangnya bergerak setiap harinya.
Faktor biologis juga sangat mempengaruhi peluang terjadinya varises pada kaki, hal itu di sebabkan pembuluh darah kita selalu akan mengalami perubahan jika mendapatkan stimulus dari berbagai hal, seperti bertambahnya usia. Akibat varises dimulai dari hal yang paling ringan, yaitu pegal. Mungkin kita hanya menganggapnya sebagai hal yang biasa jika merasa pegal ketika berdiri atau duduk terlalu lama. Tetapi jika rasa pegal itu semakin lama semakin cepat dirasakan maka dapat diwaspadai bahwa hal itu kemungkinannya adalah gejala varises.
Jika varises sudah memasuki tahap berbahaya maka dapat mengancam jiwa, hal itu dikarenakan jika darah di daerah varises membeku dan menjadi emboli akan sangat berbahaya. Emboli adalah endapan darah atau pembekuan darah yang menempel di pembuluh darah, dan dapat terlepas sewaktu-waktu dari tempat semula ke tempat yang paling rawan. Contohnya: di saluran darah antara jantung dan paru-paru. Jika hal itu terjadi maka dapat mengganggu sirkulasi darah antara paru-paru dan jantung, hal inilah yang dapat mengakibatkan stroke bahkan sampai kematian.
Penyakit ini memang berbahaya namun tidak mustahil untuk dicegah bahkan di sembuhkan. Varises sebenarnya bisa dicegah dengan sangat mudah, yaitu dari cara kita menjaga berat badan, kurangi mengkonsumsi garam, sering-sering mengubah posisi duduk dan berdiri secara teratur.  Untuk pengobatan varises bisa dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya medis dan temdrapi. Untuk medis kita bisa melakukannya dengan melakukan suntik varises dan untuk terapi kita bisa melakukannya dengan cara yang tidak jauh dengan pencegahannya.
Varises itu sebetulnya adalah penyakit yang tergolong ringan, tetapi jika kita terlalu menganggapnya ringan bisa menjadi sangat berbahaya bagi kehidupan kita. Sehingga alangkah baiknya jika kita mencegah varises dari awal, tetapi jika sudah terlanjur terkena varises kita bisa melakukan pengobatan atau berkonsultasi kepada dokter yang sudah ahli dengan hal tersebut.

Referensi
a.       D, James D. Varicose Veins. Merck Manual Home Health Book.2012


0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com