Recent Posts

Sabtu, 17 Oktober 2015

Tips Menghindari Kebiasaan Menggaruk

Hindari Kebiasaan Menggaruk !

Teman-teman, tahukah kalian bahwa kebiasaan menggaruk merupakan hal yang nyaman, namun beresiko terhadap kerusakan kulit dan efek negatif lainnya? Pada kesempatan ini saya akan memberikan sedikit tips untuk menghindari kebiasaan menggaruk. Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Menggaruk adalah cara yang paling mudah dan enak dilakukan banyak orang untuk mengatasi rasa gatal. Selain mudah, menggaruk pada area yang gatal juga menimbulkan rasa nyaman bagi orang tersebut.
Rasa gatal bisa disebabkan oleh banyak hal, beberapa diantaranya adalah gigitan nyamuk, alergi, atau penyebab lain yang menimbulkan gatal. Kebanyakan orang sangat menikmati aktifitas menggaruk rasa gatal tersebut . Padahal, menggaruk adalah cara yang kurang tepat untuk mengurangi rasa gatal dan tidak dianjurkan dalam kesehatan. Dengan menggaruk maka akan terjadi gesekan antara kuku dengan lapisan kulit yang dapat menimbulkan kerusakan, pengelupasan, atau lecet pada  jaringan sel kulit pada area yang digaruk tersebut jika terlalu kuat  dan sering.
Hal tersebut tentu merugikan bagi diri kita sendiri, baik dari sisi berkurangnya keindahan tubuh karena bekas garukan ataupun juga dari sisi kesehatan yang juga bisa menimbulkan dampak infeksi ketika kuku kita kotor. Karena kita tahu bahwa kulit adalah organ terluar yang penting dan berfungsi diantaranya sebagai pertahanan pertama dan keindahan tubuh.
Maka dari itu, mulai dari sekarang hindarilah menggaruk. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa gatal. Diantaranya adalah mengkompres dengan es  pada area yang gatal untuk mematikan saraf gatal sementara waktu, mengusap secara perlahan untuk mengurangi sensasi gatal dan menghindari adanya kontak kuku dengan kulit, atau pun juga dengan memberikan lotion pelembab kulit untuk menjaga kelembapan pada kulit sehingga tidak terasa gatal.
Nah, mulai sekarang hindarilah kebiasaan menggaruk yang terlalu sering. Terkadang sesuatu yang tampak sepele atau remeh bisa berakibat fatal jika tidak benar-benar diperhatikan dan sudah menjadi sebuah kebiasaan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Referensi:
Muhib. (2013). Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk Menggaruk Kulit. Di akses pada tanggal 18 Oktober 2015 dari http://www.binauralbeats.co.id/

.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com