Recent Posts

Senin, 30 November 2015

3 Warisan Budaya Indonesia Ini Sudah di Akui Internasional

3 Warisan Budaya Indonesia Ini Sudah di Akui Internasional

Teman-teman tahukah anda, bahwa Indonesia memiliki berbagai macam warisan budaya yang unik dan menarik. Sehingga budaya tersebut sudah dikenali di berbagai belahan dunia internasional. Nah, kali ini saya akan membagikan sedikit informasi mengenai Budaya Indonesia yang Terdaftar di UNESCO. Mari kita simak penjelasannya berikut.
Indonesia dikenal dengan surganya beragam kekayaan alam dan budaya. Tak terhitung  jumlahnya, sehingga sering membuat banyak negara lain menjadi iri. Tak jarang banyak sudah budaya Indonesia yang di klaim oleh negara lain.
Akhir-akhir ini Kemenbudpar tengah gencar mendaftarkan budaya-budaya bangsa untuk di akui di UNESCO. Banyak sekali keuntungan yang didapat, diantaranya jadi ada rasa bangga terhadap budaya Indonesia. Meningkatkan citra Indonesia di mata masyarakat internasional, mendapatkan perhatian badan  dan pemerhati kebudayaan internasional, serta negara dapat mengajukan permohonan bantuan dana Konvensi 2003 khusus bagi warisan budaya yang masuk dalam daftar yang memerlukan perlindungan mendesak. UNESCO merupakan organisasi pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang berada dibawah naungan PBB.

1.  Wayang Kulit
Terkenal karena wayang yang rumit dan gaya musik yang kompleks, bentuk dari cerita kuno yang berasal dari pulau Jawa, Indonesia. UNESCO pada tanggal 7 November 2003 telah menetapkan bahwa wayang kulit adalah warisan budaya dunia yang berasal dari indonesia. Menteri Negara Kebudayaan dan Pariwisata I Gede Ardika mengungkapkan, sejak 7 November 2003 lalu Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO) telah mengakui wayang sebagai World Master Piece of Oral and Intangible Heritage of Humanity.

2. Batik

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni yang tingi dan telah menjadi bagian dari kebudayaan Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Perjuangan Indonesia untuk mendapatkan pengakuan dunia atas batik sebagai warisan budaya asli Indonesia tidak sia-sia. United Nation Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) dipastikan telah menetapkan tradisi batik sebagai salah satu budaya warisan dunia asli indonesia pada Oktober 2009 di Perancis.


3. Tari Saman
Tari Saman adalah tarian yang berasal dari Provinsi Aceh. Tari Saman di lakukan dalam posisi duduk berbanjar dengan irama yang dinamis. Suatu tari dengan syair penuh ajaran kebajikan, terutama ajaran agama Islam. Tari Saman ditampilkan tidak menggunakan iringan alat musik, akan tetapi menggunakan suara dari para penari dan tepuk tangan mereka yang biasanya dikombinasikan dengan memukul dada dan pangkal paha mereka sebagai sinkronisasi dan menghempaskan badan ke berbagai arah.
Tari Saman dikukuhkan oleh organisasi pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO), sebagai warisan budaya dunia tidak benda pada 19 November 2011.

Nah, semoga dengan informasi di atas kita lebih bangga sebagai bangsa Indonesia, karena banyak budaya Indonesia yang sudah diakui internasional.

Sumber Referensi :
Admin. (2015). Warisan Indonesia Yang Terdaftar Di UNESCO.Di akses pada tanggal 30 November 2015 dari http://bcdla.blogspot.co.id/


0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com