Recent Posts

Jumat, 30 Oktober 2015

Hindarilah 8 Hal Ini, Kemungkinan Anda Akan Terhindar dari Penyakit Asma atau Sesak Napas

Hindarilah 8 Hal Ini, Kemungkinan Anda Akan Terhindar
dari Penyakit Asma (Sesak Napas)

Teman-teman kali ini saya akan membagikan sedikit informasi tentang asma atau sering disebut dengan sesak napas. Terkadang orang menganggap asma tersebut adalah hal yang tabu, tetapi kalau dibiarkan terus-menerus akan mengakibatkan kematian. Nah, apa-apa saja sih hal yang harus dihindari agar tidak mengalami sesak napas? Baiklah, daripada membuat anda penasaran, mari kita simak penjelasannya berikut.


Asma adalah penyakit jalan napas obstruktif intermitten, reversibel dimana trakea dan bronki berespon dalam secara hiperaktif terhadap stimuli tertentu. Gejala nya adalah kesulitan bernafas dan nafas menjadi pendek, dada terasa berat, kadang disertai batuk.
Apa saja hal yang harus di hindari ?
  1. Hindari bantal dan kasur kapuk, kasur spons atau springbed dilengkapi dengan bantal berbahan dracon lebih baik bagi penderita asma. Semua bahan tersebut bukanlah alergen (penyebab alergi) seperti kapuk.
  2. Jangan pelihara hewan berbulu seperti anjing atau kucing. Bulu hewan ini bisa menyebabkan alergi, tapi jika sudah terlanjur memeliharanya; setidaknya anda bisa memeliharanya diluar rumah.
  3. Jauhkan boneka dan karpet dari ruang tidur anda, kedua benda ini adalah sumber debu yang sulit dibersihkan. Jika terpaksa menempatkan benda tersebut di kamar, sebaiknya bersihkan dengan vaccum cleaner setidaknya sekali seminggu.
  4. Jangan merokok dan hindari orang yang merokok.
  5. Jangan gunakan pembersih berbahan karbol. Karbol / kreolin memiliki aroma yang kuat dan dapt memicu serangan asma.
  6. Lakukan meditasi atau senam pernafasan, kedua kegiatan ini sangat membantu paru dan saluran pernafasan untuk bekerja secara optimal. Rileksasi yang didapat juga dapat membantu karena salah satu penyebab sulitnya bernafas saat asma menyerang adalah tegangnya otot-otot area bronkus dan dada. Saat kita melakukan olah nafas, tingkat CO2 didalam tubuh kita akan meningkat, dengan membiasakan tubuh pada keadaan ini anda akan menjadikan tubuh anda semakin kuat jika asma menyerang.
  7. Lakukan olahraga ringan, olahraga memang sangat baik untuk kesehatan tapi bagi penderita asma olahraga ringan dengan durasi panjang adalah pilihan yang lebih tepat. Olahraga seperti jalan santai lebih baik ketimbang lari sprint misalnya.
  8. Selalu waspada terhadap alergi musiman, jika anda memiliki sensitivitas terhadap dingin, usahakan siapkan minuman penghangat tubuh seperti jahe. Dan rutin minum jahe di musim hujan dapat menjaga kesehatan anda agar tidak mudah terserang asma.


Itulah sedikit informasi tentang hal-hal yang diharus dihindari agar tidak mengalami asma (sesak napas). Silahkan anda mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kita semua.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com