Recent Posts

Selasa, 03 November 2015

Inilah Tradisi Unik di Indonesia yang Tidak Anda Temukan di Negara Lain

Tradisi Unik Kebudayaan di Indonesia
yang Tidak di Temukan di Daerah Lain

            Selamat sore teman-teman semua. Kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang budaya-budaya unik masyarakat Indonesia yang sudah dijadikan sebagai warisan turun menurun. Penasaran dengan informasinya? Baiklah, mari kita simak penjelasannya berikut ini.

            Tahukah anda bahwa banyak sekali kebudayaan yang sangat unik dan menarik di Indonesia? Sebagai negara kepulauan dengan banyak provinsi, dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki keanekaragaman seni dan budaya yang tersebar di setiap daerah dan provinsi. Akan tetapi, anehnya sebagai anak bangsa kadang kita tidak mengetahui dan melupakan kebudayaan sendiri, sementara orang luar negeri malah tertarik dengan kebudayaan Indonesia yang unik, menarik dan khas. Berikut adalah budaya-budaya unik dan khas dari beberapa daerah di Indonesia.
                  1.      Atraksi Debus di Banten
Atraksi yang sangat berbahaya ini biasa kita kenal dengan sebutan Debus. Konon kesenian bela diri debus berasal dari daerah al Madad. Semakin lama seni bela diri ini makin berkembang dan tumbuh besar di semua kalangan masyarakat banten sebagai seni hiburan untuk masyarakat. Inti pertunjukan masih sangat kental gerakan silat atau beladiri dan penggunaan senjata. Kesenian debus banten ini banyak menggunakan dan memfokuskan di kekebalan seseorang pemain terhadap serangan benda tajam, dan semacam senjata tajam ini disebut dengan debus.


     2.      Karapan Sapi di Madura Jawa Timur
Karapan sapi merupakan perlombaan pacuan sapi yang berasal dari Madura Jawa Timur. Dalam even karapan sapi para penonton tidak hanya disuguhi adu cepat sapi dan ketangkasan para jokinya, tetapi sebelum memulai para pemilik biasanya melakukan ritual arak-arakan sapi disekelilingi pacuan disertai alat musik seronen perpaduan alat musik khas Madura sehingga membuat acara ini menjadi semakin meriah. Panjang rute lintasan karapan sapi tersebut antara 180 sampai dengan 200 meter, yang dapat ditempuh dalam waktu 14 sampai dengan 18 detik.

     3.      Meugang, Tradisi Unik Menyambut Lebaran di Aceh
Di juluki Serambi Mekah, Provinsi Aceh punya tradisi unik saat menyambut Hari Raya, baik Idul Fitri maupun Idul Adha. Namanya Meugang, tradisi membeli daging kemudian memasak dan menikmatinya bersama keluarga dan anak yatim-piatu.
Meugang, Makmeugang atau Makmuegang adalah tradisi menyembelih kurban berupa kambing atau sapi. Meugang dilakukan 3 kali setahun yakni di bulan Ramadan, Idul Adha, dan pastinya Idul Fitri.
Sehari sebelum Lebaran, mulai pagi hari warga sudah mengerubungi mesjid di dekat tempat tinggal. Kambing atau sapi kemudian disembelih, kemudian dibagikan kepada warga, atau dimasak dan dinikmati bersama. Meugang adalah tradisi yang sarat makna. Dari sisi religi, warga Aceh mensyukuri datangnya Idul Fitri. Selain itu, Meugang juga punya nilai-nilai positif lain yakni sedekah dan kebersamaan.

 

            Nah, itulah informasi mengenai kebudayaan unik yang di jadikan tradisi turun menurun dari masyarakat berbagai wilayah di Indonesia. Oleh karena itu, mulai sekarang cintailah kebudayaan kita sendiri jangan lebih mengaplikasikan budaya barat. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Sumber Referensi :
Nursastri, SA. (2013). Meugang, Tradisi Unik Menyambut Lebaran di Aceh. Di akses pada tanggal 03 November 2015 dari http://travel.detik.com/
Admin. (2011). 5 Kebudayaan Unik Khas Indonesia. Di akses pada tanggal 03 November 2015 dari http://www.marketing.co.id/




0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com