Recent Posts

Selasa, 01 Desember 2015

Inilah Sejarah Perkembangan Musik Jazz di Dunia

Sejarah Perkembangan Musik Jazz di Dunia

Teman-teman tahukah anda, bagaimana perkembangan musik di dunia, termasuk Musik Jazz?. Nah, kali ini saya akan membagikan sedikit informasi mengenai Sejarah Perkembangan Musik Jazz di Dunia. Mari kita simak penjelasannya berikut.

     Salah satu jenis musik pada era modern sekarang yang masih sangat diminati adalah musik jazz. Tahukah anda bahwa ternyata musik jazz berasal dari Amerika Serikat? Musik jazz merupakan penggabungan antara blues, ragtime, dan musik Eropa, terutama musik band.

    Perjalanan jazz dimulai di New Orleans dan berkembang ke Sungai Mississippi, Memphis, St. Louis, dan akhirnya Chicago. Tentu saja musik jazz dipengaruhi oleh musik yang ada di New Orleans, tribal drums Afrika dan struktur musik ala Eropa. Latar belakang jazz tidak dapat dilepaskan dari fakta di mana jazz dipengaruhi berbagai musik seperti musik spiritual, cakewalks, ragtime dan blues. Salah satu legenda jazz yang dipercaya bahwa sekitar 1891, seorang pemilik kedai cukur rambut di New Orleans bernama Buddy Bolden meniup cornet-nya dan saat itu lah musik jazz dimulai sebagai gebrakan baru di dunia musik. Setengah abad kemudian, musik jazz di Amerika memberi banyak kontribusi di dunia musik, dipelajari di universitas, dan akhirnya menjadi sebuah aliran musik yang serius dan diperhitungkan.

     Musik jazz sudah menyebar dan dikenal di masyarakat sejak tahun 1920-an. Namun, puncak kesuksesannya terjadi pada tahun 1950-an yang dikenal sebagai jazz modern. Ada beberapa subgenre jazz diantaranya, adalah Dixieland, swing, bebop, hard bop, cool jazz, free jazz, jazz fusion, smooth jazz, dan CafJazz. Musisi jazz biasanya mengekspresikan perasaannya yang tak mudah dijelaskan, karena musik ini harus dirasakan dalam hati. “Kalau kau menanyakannya, kau tak akan pernah tahu” begitu menurut Louis Armstrong.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com