Recent Posts

Selasa, 10 November 2015

Ternyata Musik Dapat Membantu Penyembuhan Lho. Penasaran??

Fakta Unik dan Menarik Tentang Musik

Teman-teman pernahkah kalian menyadari bahwa banyak fakta unik dan menarik tentang musik yang kebanyakan orang belum mengetahuinya. Faktanya musik itu sangat unik, karena keberadaannya bisa mempengaruhi kehidupan penikmatnya sehingga terkadang musik juga dapat menghilangkan suasana bad mood hati seseorang. Tak bisa dipungkiri bahwa keberadaan musik sudah menjadi bagian yang melekat erat di hati masyarakat di seluruh dunia. Bahkan berbagai penelitian menyatakan bahwa musik menjadi salah satu pelepas stres, mencerdaskan otak, menenangkan, dan lain sebagainya. Namun semua itu tentunya tergantung jenis musik apa yang anda nikmati.

Yuk, mari kita simak penjelasannya berikut ini.
1.    Musik membuat kita lebih fokus
Penelitian di Stanford University menyebutkan bahwa musik klasik membantu pikiran Anda menjadi lebih fokus dan mudah berkonsentrasi.
2.    Musik dapat membuat percaya diri meningkat
Menurut study yang dilakukan oleh Universitas Colombia, pelajar yang berminat pada seni musik ternyata memiliki kepercaya diri yang lebih tinggi. Mereka juga lebih reatif dan banyak memiliki ide segar.
3.    Musik dapat meningkatkan suasana hati
Sebuah penelitian yang dilakukan di Kanada pada tahun 2011 dan diterbitkan oleh jurnal Nature Neuroscience menyebutkan bahwa musik bisa meningkatkan mood baik. begitupun dengan penelitian di McGill University Montreal yang menyebutkan jika mendengarkan musik bisa membantu tubuh dalam melepaskan hormon dopamin yang berhubungan dengan rasa senang dan bahagia.
4.    Musik bisa menstimulasi perkembangan otak dan motorik janin
Berbagai penelitian telah membuktikan hal tersebut, karenanya ibu hamil disarankan untuk menstimulasi bayinya dengan musik agar otaknya cerdas.
5.    Musik  menjadikan kita lebih kreatif
Penelitian menyebutkan bahwa musik rap yang diciptakan secara spontan dapat mengaktifkan syaraf penting diotak yang berhubungan dengan kreativitas dan memancing munculnya ide-ide cemerlang.
6.    Musik dapat membantu proses penyembuhan
Studi di University of Kentucky menyebutkan bahwa pasien yang mendengarkan musik sebelum, selama, dan sesudah menjalani operasi menunjukkan tingkat stres dan takut, serta rasa sakitnya berkurang dibandingkan dengan yang tidak mendengarkan musik. Selain itu, musik juga bisa dijadikan sebagai terapi untuk membuat pasien merasa lebih nyaman dan tidur lebih nyenyak.

7.    Musik energik membuat hidup lebih bersemangat
Anda merasa kurang bersemangat atau malas menjalani hari anda? Yuk coba dengarkan musik yang energik, karena penelitian membutikan bahwa musik ini cocok untuk meningkatkan semangat dan menginspirasi anda agar lebih aktif.

Nah, mulai sekarang seringlah anda mendengarkan musik disaat anda sedang merasa bad mood dan menghadapi problema hidup. Karena dengan musik dapat membuat anda lebih nyaman. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi teman-teman semua.

Sumber Referensi :
Dunia Anak. (2013). 7 Fakta Menarik Mengenai Musik Terhadap Perkembangan Anak. Di akses pada tanggal 10 November 2015 dari http://duniaanakid.blogspot.co.id/

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com