Recent Posts

Minggu, 29 November 2015

Inilah Salah Satunya Penyebab Melemahnya Nilai Rupiah. Penasaran???

Impor Salah Satu Penyebab Melemahnya Nilai Rupiah

Teman-teman tahukah anda, bahwa sekarang ini Indonesia lagi terpuruk karena menurunnya harga nilai tukar uang rupiah dengan dollar? Tahukah anda apa salah satu penyebabnya? Nah, dari pada membuat anda penasaran, kali ini saya akan membagikan sedikit informasi mengenai Impor Salah Satu Penyebab Melemahnya Nilai Rupiah. Mari kita simak penjelasannya berikut.

Sekarang ini, banyak dari masyarakat Indonesia dan pemerintah mengimpor barang dari luar negeri dibandingkan dengan mengekspor barang ke luar negeri. Impor barang tersebut meliputi bidang: pertanian, industri, elektronik, peternakan, tekstil, dan sebagainya. Pemerintah mengakui besarnya impor yang dilakukan Indonesia menjadi salah satu penyebab melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat dan pelambatan ekonomi di dalam negeri.

Ketergantungan Indonesia terhadap investasi asing dan bahan baku  impor menjadikan depresiasi rupiah cukup mengganggu produksi dan konsumsi.  Penggunaan alat-alat produksi impor dalam industri Indonesia juga cukup tinggi. Karena itu, pengusaha sebagai pelaku utama produksi, berusaha bertahan dengan mengurangi kapasitas produksi dan jam kerja untuk menekan biaya produksi. Dengan kondisi perekonomian Indonesia yang melambat, diprediksi rupiah sulit kembali menguat terhadap dolar AS. Mau tak mau situasi ini memicu keresahan, khususnya kalangan pekerja karena khawatir menjadi korban pemutusan hubungan kerja.

Selain itu, dampak kelemahan rupiah sangat mengganggu sistem perekonomian di Indonesia. Diantaranya adalah turun naiknya kebutuhan pokok yang menyebabkan masyarakat semakin terpuruk. Pemerintah saat ini berupaya mengembangkan ekonomi yang berbasiskan produksi. Dengan cara tersebut diharapkan Indonesia dapat mengurangi impor produk-produk tertentu, karena sudah dapat diproduksi di dalam negeri.

Nah, berdasarkan penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa melemahnya nilai rupiah bukanlah hal yang patut disepelekan, karena dapat berpengaruh dalam segala sektor perekonomian. Oleh karena itu, hal yang harus kita lakukan untuk mengantisipasinya adalah dengan lebih mencintai dan menggunakan produk dalam negeri, dibandingkan produk luar negeri. Semoga informasi diatas memberikan manfaat bagi kita semua.

Sumber Referensi :
MNC Media. (2015). Dampak Nyata Pelemahan Rupiah Harga-harga Naik. Di akses pada tanggal 29 November 2015 dari ekbis.sindonews.com
Saputro, R. S. (2014). Dampak Pelemahan Rupiah Terhadap Ekonomi Indonesia. Di akses pada tanggal 29 November 2015 dari http://www.kompasiana.com/






0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com